Rabu, 18 November 2015

Tips Melamar Kerja Di Website Online

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan salah satu rekan yang mempunyai usaha di bidang konsultan manajemen. Sudah lama beliau menggeluti profesi tersebut, dan mempunyai banyak klien yang menggunakan jasanya untuk proses rekruitmen pegawai. Mulai dari seleksi administrasi, psikotes, hingga interview calon karyawan. Dari perbincangan singkat tersebut saya mendapat ilmu baru mengenai tips melamar kerja yang bisa saya share di sini.

Seperti kita ketahui bersama, melamar pekerjaan itu gampang-gampang susah.Terutama untuk perusahaan-perusahaan besar dan bonafid. Bukan hanya persaingannya yang tinggi, tapi juga harus melalui tahapan-tahapan tes yang melelahkan. Standar yang ditetapkan pun juga tinggi. Untuk mempersingkat waktu dan menjaring banyak pelamar, beberapa perusahaan seringkali membuat website online untuk seleksi awal atau sering disebut Tahap Administrasi. Bagi pelamar kerja diwajibkan mengisi pendafataran di aplikasi online tersebut.


Untuk pengisian website tersebut umumnya dibuat secara sederhana. Kita cukup mengisikan data-data pribadi sesuai yang tertulis di situ, sehingga mudah diaplikasikan bagi calon pelamar. Namun ada beberapa tips sederhana yang perlu diperhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup (curiculum vitae) agar lamaran kita bisa diterima dan lolos dalam tahapan pertama ini, antara lain :

1.    Data Pribadi
Penulisan data pribadi ini adalah tahap pertama anda memperkenalkan diri pada perusahaan. Data ini meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat tinggal, nomor telepon dan email, serta riwayat pendidikan. Perusahaan akan menyimpannya dalam database perusahaan, sehingga buatlah selengkap mungkin terutama untuk alamat tinggal, nomor telepon/HP dan alamat email yang anda cantumkan adalah yang ter-update sehingga  memudahkan anda untuk dihubungi.

2.    Riwayat Pekerjaan
Pengalaman kerja  seringkali menjadi nilai tambah tersendiri bagi pelamar kerja. Beberapa perusahaan seringkali lebih memprioritaskan pelamar yang sudah mempunyai pengalaman kerja di tempat lain ketimbang yang masih fresh graduate. Cantumkan 3 riwayat pekerjaan anda dimulai dari yang terakhir atau tempat bekerja anda saat ini. Perusahaan mungkin akan melakukan cross check, jadi pastikan anda memiliki rekam jejak yang baik di perusahaan lama yang anda cantumkan.

3.    Pengalaman Organisasi
   Kolom pengalaman berorganisasi ini sifatnya opsional. Artinya, boleh diisi boleh tidak. Namun ada baiknya bila anda cantumkan bila memilikinya baik ketika masih di organisasi kemahasiswaan dahulu atau organisasi di tempat bekerja seperti serikat pekerja, asosiasi buruh, dll. Bagi yang masih fresh graduate/belum memiliki pengalaman kerja, pengalaman berorganisasi ini akan menjadi nilai tambah buat anda.

Nah itu tadi sedikit tips yang bisa saya bagikan disini. Semoga bermanfaat buat pembaca yang saat ini sedang melamar lowongan pekerjaan melalu website online. Setidaknya dengan lolos tahapan awal administrasi, anda akan berpeluang untuk bisa maju ke tahapan-tahapan tes selanjutnya. 

Selamat mencoba dan semoga sukses !!!

Tidak ada komentar: